Selasa, 25 Oktober 2011

Sembilkan Pemain Barca Raih Nominasi Bola Emas

eixjlh2uBarcelona kembali menunjukkan bukti sebagai tim Sepak Bola terbaik dunia. Ini dibuktikan dengan masuknya sembilan pilar El Barca dalam nominasi peraih Ballon d’Or 2011. Ballon d'Or (bahasa Perancis untuk Bola Emas) adalah penghargaan sepak bola yang diciptakan dan dianugerahkan oleh majalah France Football sejak tahun 1956 kepada pemain sepak bola yang penampilannya dianggap terbaik sepanjang tahun sebelumnya.

Lionel Messi, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez yang masuk tiga besar tahun lalu, kembali masuk dalam daftar.

Setelah musim lalu gelar Ballon d’Or digabungnya dengan FIFA player of the Year (FIFA Ballon d’Or), untuk tahun 2011 ini dua penghargaan tersebut kembali dipisahkan. Untuk nominasi Ballon d’Or (pemain terbaik Eropa) di tahun 2011 ini, pihak France Football selaku penyelenggara telah merilis 50 nama pemain yang dipilih oleh komite teknis FIFA, yakni Romario, Maturana dan Jomo Sono Bilardo.

Pemenang musim lalu, Lionel Messi kembali jadi kendidat terkuat peraih trofi kali ini. Selain Messi, delapan punggawa Blaugrana yang juga masuk dalam nominasi adalah Andres Iniesta, Xavi Hernandez, David Villa, Gerard Pique,  Carles Puyol, Daniel Alves, Eric Abidal dan pemain anyar, Cesc Fabregas juga masuk dalam daftar.

Di kubu rival abadi, Real Madrid mengirimkan lima wakilnya dalam nominasi. Mereka adalah Cristiano Ronaldo, Sami Khedira, Mesut Ozil serta dua pilar timnas Spanyol, Iker Casillas dan Xabi Alonso. Jika dijumlah, maka perwakilan Timnas Spanyol di daftar nominasi tahun ini kembali mendominasi, dengan sembilan pemain, demikian dikutip El Mundo Deportivo, Selasa (25/10/2011).

Kompetisi paling elit dunia, Premier League juga memasukkan sejumlah pemain dalam nominasi. Manchester United diwakili duet strikernya, Javier Chicharito Hernandez dan Wayne Rooney. Selebihnya ada nama-nama seperti Sergio ‘Kun’ Aguero (Manchester City) dan Luis Suarez (Liverpool).

Sementara itu, Jerman juga mengirimkan sejumlah wakil yang mayoritas dari tim Bayern Munich. Mereka adalah Bastian Schweinsteiger, Mario Gomez, Phillip Lahm, Thomas Mueller, Franck Ribery dan striker veteran yang kini merumput bersama Lazio, Miroslav Klose. Nama-nama lain yang juga masuk nominasi adalah, Robin van Persie (Arsenal), Arjen Robben (Bayern Munich), Wesley Sneijder (Inter Milan), Rafael van der Vaart (Tottenham Hotspur).

Bomber muda sensasional Brasil yang merumput di Santos, Neymar da Silva juga masuk dalam nominasi meski tidak merumput di Eropa. Sementara Italia hanya mengirimkan satu pemain yakni, Antonio Di Natale (Udinese).

Daftar 50 kandidat ini nantinya akan dikerucutkan menjadi tiga pada 5 November mendatang, sementara pengumuman peraih Ballon d’Or bakal diumumkan pada 9 Januari 2011 di markas besar FIFA, Zurich.

 

©  3 column Minima Template by Bloganol